Belajar Investasi Saham

belajar saham (1)
bermain saham

Inveastasi adalah  sebuah jalan untuk meningkatkan ‘nilai keuangan’ yang dimiliki oleh seseorang ke dalam suatu bentuk instrumen. Investasi ini sendiri bisa berbentuk jangka pendek ataupun juga jangka panjang. Mayoritas orang akan memilih investasi dalam jangka panjang karena bisa merasakan perubahan nilai investasinya dengan besar. Atau dengan kata lain, investasi jangka panjang akan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dan jelas.

Bentuk-bentuk investasi ini sendiri banyak sekali. Tentu saja bagi Anda yang ingin melakukan investasi maka Anda harus paham betul dengan apa yang akan Anda pilih. Memilih jenis investasi yang tepat bagi Anda juga akan sangat mempengaruhi nilai keuntungan yang nantinya bisa Anda dapatkan. Salah satu bentuk investasi yang saat ini sering atau banyak dipilih adalah investasi saham. Hal ini dikarenakan nilai peningkatan dari saham itu sendiri yang cukup besar. Namun biasanya hanya orang-orang yang memiliki kemampuan finansial yang baik yang bisa merasakan ‘indahnya’ investasi saham ini. Atau lebih simpelnya adalah web peer to peer lending, belum tentu semua orang bisa melakukan pembelian saham atau investasi di bursa saham. Memang dalam bisnis saham ini investor tidak akan bekerja untuk uang melainkan uang yang akan bekerja untuk mereka.

Tentu saja ini adalah hakikat manusia dimana manusia tidak akan pernah puas. Ya, banyak pelaku investasi saham ini yang tidak akan merasa cukup dengan profit yang dihasilkan tetap. Mereka akan selalu menginginkan profit yang selalu meningkat setiap saat. Profit yang stagnan dalam investasi saham ini dianggap sebagai kegagalan yang harus segera diperbaiki. Walaupun ini sebenarnya juga bukan murni kesalahan investor mengingat para investor bukan pelaku utama dari perusahaan tersebut dan mustahil untuk bisa terjun langsung dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang memiliki saham tersebut.

belajar saham (3)
belajar bermain saham

Tentu saja banyak sekali faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan investasi saham ini.  Jelas disini Anda harus memikirkan perencanaan yang benar-benar matang. Dimulai dari berapa banyak saham yang nantinya akan Anda beli, Jenis saham apa yang akan dibeli, saham dari perusahaan mana yang akan dibeli dan waktu yang tepat dalam pembelian saham. Dengan memiliki perencanaan yang matang sebelum memulai investasi saham ini tentu saja keuntungan atau profit yang Anda inginkan akan menjadi kenyataan. Memang ini sangat rumit dan membutuhkan kerja ekstra di awal, namun jika investasi sudah berjalan maka Anda bisa bersantai dan uang akan selalu datang dengan mudahnya.

Banyak yang mengatakan jika seorang investor saham ingin memulai investasi saham maka waktu paling tepat adalah ketika kondisi perkenomomian sedang benar-benar baik. Tentu Anda yang masih awam masih bingung dengan hal ini. Bursa saham ini sebenarnya adalah sebuah cerminan dari kondisi keuangan atau perekonomian sebuah negara. Jelas disini ada ikatan yang tidak mungkin terlepas dan akan selalu berkaitan. Oleh karena hal tersebut Anda yang masih kategori orang baru dalam dunia investasi saham, cobalah untuk melakukan investasi saham ini ketika kondisi perekonomian sedang baik. hal tersebut akan meningkatkan keuntungan dari setiap lembar saham yang Anda investasikan. Selain itu, pemilihan perusahaan yang dipilih untuk dimiliki sahamnya tentu harus cermat. Proyeksi masa depan akan sebuah perusahaan harus Anda cermati dan baca dengan baik. Bisa jadi sekarang sedang baik namun beberapa tahun kemudian langsung hancur, sebagai contoh Nokia. Ya, walaupun sudah merajai selama belasan tahun, namun sekarang Nokia hanyalah sebuah nama.

belajar saham (2)
Ilustrasi saham

Oleh karena hal di atas, untuk melakukan investasi saham Anda harus memiliki persiapan yang baik. Anda sebagai orang awam perlu memperbanyak informasi agar keuntungan yang Anda incar bisa tercapai. Lakukan analisis mendalam terlebih dahulu terhadap suatu perusahaan yang nantinya akan Anda pilih. Jangan hanya sembarangan dalam melakukan investasi saham jika Anda tidak ingin kehilangan uang.

banyak investor yang percaya jika saham yang berasal dari perusahaan lapis kedua atau ketiga adalah saham yang sangat baik sehingga memicu pertumbuhan ekonomi kearah yang lebih baik pula. Bermain aman pada perusahaan yang sudah besar dan matang tentu juga bukan jaminan karena kerugian tetap akan bisa Anda alami. Sebagai contoh sudah disebutkan di atas, yakni Nokia dimana perusahaan ini sudah menguasai pasar ponsel seluruh dunia dalam belasan tahun. Dan yang terjadi sekarang tentu saja Anda sendiri sudah mengetahuinya. Untuk itu, seperti yang sudah dikatakan di awal, dalam melakukan investasi saham ini Anda harus jeli dan mengumpulkan banyak informasi terlebih dahulu sebelum nantinya bisa Anda analisis dan eksekusi di bursa saham.

Di atas dikatakan jika perusahaan yang berada pada lapis kedua atau ketiga adalah saham yang sangat berpeluang. Namun perlu juga Anda ketahui jika jenis saham ini juga cenderung memiliki angka fluktuasi yang tinggi. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan resiko yang akan Anda terima pun juga akan jauh lebih besar. Strategi yang digunakan untuk menemukan perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang tinggi ini sering disebut dengan Growth Investing. Dengan startegi tersebut anda tidak memerlukan penambahan modal dengan modal pinjaman dan akan sangat lebih baik jika Anda sebagai investor menggunakan strategi fundamental lain. Untuk Anda yang sedang mencari strategi investasi saham kemis mereferensi kan blog investasi keuangan yang terkemuka koinworks untuk anda kunjungi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *